Header


Delegasi Tabayun
Download Relaas Delegasi Tabayun


SIPP PA SIDRAP
Sistem Informasi Penelusuran Perkara PA Sidenreng Rappang


putusan.mahkamahagung.go.id
Portal Akses Informasi Putusan di Lingkungan Peradilan

 
komdanas.mahkamahagung.go.id
Portal Komunikasi Data Nasional di Lingkungan Peradilan

×

Error

Could not load feed: https://www.pta-makassarkota.go.id/seputar-pengadilan-agama/feed/rss/

Sidang Keliling Di Desa Tonrongnnge 2019

 

Klick To Gallery

     Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, pada Kamis (22/8/2019), Pengadilan Agama Sidenreng Rappang kembali melaksanakan sidang keliling sebagai salah satu cara untuk melaksanakan misi Pengadilan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan. Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan.

 

    Sidang keliling kali ini bertempat di aula kantor Desa Tonronge dan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Sidenreng Rappang sendiri sebagai ketua majelis, yaitu bapak H. Ali Hamdi, S.Ag., M.H., didampingi oleh  Dra. Sitti Musyayyadah dan Hilmah Ismail, S.H.I. sebagai hakim-hakim anggota serta Mindriani Amin, S.H. sebagai panitera pengganti. Tim juga dilengkapi seorang jurusita, admin dan driver.

   Seperti halnya sidang di kantor Pengadilan Agama, sidang dimulai jam 09.00 sampai selesai. Para pencari keadilan satu persatu dipanggil masuk ruang sidang sesuai dengan urutan. Jika para pihak datang semua, sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 1 Tahun 2016, mereka diharuskan menempuh mediasi lebih dulu, tetapi jika salah satu pihak tidak hadir, maka yang tidak hadir akan dipanggil lagi. Dan sesuai dengan hukum acara yang berlaku, jika pada sidang kedua Penggugat/Pemohon tidak hadir, maka perkara akan digugurkan. Tetapi jika Tergugat/Termohon yang tidak hadir, perkara akan dilanjutkan dan diputus secara verstek. Karena itulah pada sidang kedua, biasanya Penggugat/Pemohon diperintahkan untuk menyiapkan bukti termasuk saksi-saksi yang diperlukan.

    Sidang keliling, selain sangat membantu para pencari keadilan, bagi Hakim juga menjadi hiburan tersendiri karena mendapat suasana baru dengan melihat-lihat situasi pedesaan yang biasanya belum pernah dikunjungi. Karena itulah sidang keliling selalu dinanti.

JoomShaper